Blog untuk semua tingkat pendidikan

Pengertian Wudhu dan niat wudhu


Assalamu’alikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pada kesempatan yang baik ini, kami mau berbagi kepada sahabat Muslim semua tentang kegiatan kita sehari-hari yang sering kita lakukan setiap waktu yakni lafaldz niat wudhu yaitu dibaca saat sebelum wudlu . Selain itu kami juga akan membagikan doa sesudah wudlu . Untuk memudahkan dalam mempelajarinya marilah kita baca postingan dibawah ini ;
Niat pada hakekatnya adalah menyengajakan sesuatu yang di iringi dengan perbuatan. dan niat itu cukup di ucapkan didalam hati ketika hendak melakukan perbuatan. Oleh karena sebelum wudhu dan sesudah wudhu dianjurkan untuk membaca niat wudhu dan doa sesudah wudhu.
Wudhu menurut bahasa artinya bersih atau indah sedangkan menurut syara' artinya membersihkan anggota-anggota wudhu untuk menghilangkan hadast kecil. Wudhu merupakan syarat syah Sholat, yang dikerjakan sebelum melakukan sholat adapun anjuran berwudhu yang tercantum dalam Al-Qur'an surat Al-maidah ayat 6 sebagai berikut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوْا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ 

Ya ayyuhalladzina amanu idza kumtum ilas salati fagsilu wujuhakum wa aydiyakum ilal marafikı wamsahu bi ruusikum wa arjulakum ilal ka’bayn (ka’bayni)

Artinya :
"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki." ( QS Al-Maidah ayat 6 )

Berdasarkan ayat diatas, maka pengertian wudhu adalah membasuh muka dan kedua tangan sampai dengan siku, menyapu sebagian kepala dan membasuh kedua telapak kaki sampai mata kaki dengan air yang suci dan mensucikan secara berurutan dengan niat menghilangkan hadast atau sengaja wudhu.

Berikut ini adalah Lafadz niat berwudhu dalam bahasa arab dan terjemahnya
Bacaan Niat Wudhu

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَلِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِفَرْضًالِلّٰهِ تَعَالٰى

Artinya

Aku niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil karena Allah Ta'ala .


Doa Setelah Wudhu 



اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya :

Saya bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang esa , tiada sekutu bagi-Nya . Dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya . Ya Allah jadikanlah saya orang yang ahli taubat , dan jadikanlah saya orang yang suci , dan jadikanlah saya dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.

Daftar isi Wudhu' 
Baca Juga laman dibawah ini;

Hukum berwudhu
Tata cara berwudhu
Hal-hal yang membatalkan wudhu
Syarat, Rukun dan Sunnah Wudhu

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search Blog

Popular Posts

Comments

The Magazine

Recent Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Select Category

Follow Us

Recent Comments

About Sure Mag

My Contact

CEO of This Website (content creator)
name : Zainul Muttaqin
telp. : +6287760384928
whatsapp : +6281918132711
Mail : almuttaqinzainul@gmail.com

Social Media

Iklan

TRANSLATE

Jurnalistik Online

Recent Posts

Recent Posts

Blog Archive

Pages

Followers